Jig and Fixture

Jig dan fixture merupakan alat bantu penepat yang lazim digunakan dalam proses manufaktur sebuah produk. Jig dan fixture sama-sama memiliki fungsi sebagai penepat benda. Maksudnya dengan digunakannya jig dan fixture ini maka benda yang sudah ditepatkan posisinya tidak akan meleset dari posisi yang sudah ditentukan. Hal itu berguna untuk meminimalisir kesalahan menempatkan atau memosisikan benda. Dalam proses produksi masal kesalahan penempatan benda dapat berdampak pada terbuangnya waktu produksi bahkan kekacauan aliran proses produksi. Oleh sebab itu desain jig maupun fixture sangat berpengaruh dalam kelancaran proses produksi untuk menjaga kualitas juga kuantitas produk yang dihasilkan.

Perbedaan Jig dan Fixture

Meski sering dianggap memiliki fungsi yang sama sebetulnya Jig dan fixture memiliki perbedaan yang cukup kentara. Jig menempatkan benda sesuai dengan posisi yang ditentukan tanpa mekanisme memegang benda, dalam kata lain benda yang diposisikan oleh jig dapat kembali dipindahkan tanpa harus membuka pemegangnya. Sedangkan fixture selalu dilengkapi oleh mekanisme pemegang benda yang mengikat.

Dilihat dari perbedaannya dapat disimpulkan bahwa baik Jig maupun fixture memiliki keunggulan masing-masing. Tinggal bagaimana cara kita mengaplikasikannya secara bijak dan tepat guna. Jig dan fixture juga tidak selalu berdiri sendiri, tak jarang jig dan fixture dapat dikombinasikan dalam satu sistem mekanik atau proses produksi tertentu.

20160922_101254
Contoh Jig dan Fixture  
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s