Penelitian

“Why research?”

“We research so we don’t always end up designing things for ourselves.” http://www.Uxbooth.com

Sebelum mendesain sebuah produk kita harus melakukan sebuah penelitian terlebih dahulu karena kita tidak akan selalu mendesain sesuatu hanya untuk diri kita sendiri. Kita membuat sebuah desain produk yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. Maka kita harus mengetahui betul pokok permasalahan sesungguhnya dari orang-orang tentang apa yang akan kita desain. Di situlah pentingnya proses penelitian.

Penelitian adalah tentang sebuah cerita. Pertama-tama kita harus mulai dari mendengarkan cerita dari permasalahan yang akan kita carikan solusinya tersebut. Kedua, kita harus dapat menafsirkan dengan baik inti permasalahan dari cerita tersebut. Ketiga, kita harus dapat benar-benar mendeskripsikan sebuah permasalahan dari cerita yang sudah kita dengarkan dan tafsirkan. Cerita-cerita dari permasalahan tersebut akan sangat mendukung perkembangan sebuah desain. Jadi bila diurutkan susunan proses penelitian yang baik adalah:

  1. Memahami pokok permasalahan.
  2. Menafsirkan pokok permasalahan.
  3. Mendeskripsikan pokok permasalahan.

Proses peneletian adalah sebuah proses yang memiliki pengaruh besar terhadap hasil sebuah desain. Proses inilah yang menjaga arah desain yang akan dituju dari awal sampai akhir. Dan merupakan kontrol saat kita mengekseskusi sebuah ide yang diimplementasikan menjadi sebuah produk nyata.

Proses mendesain:

  1. Perencanaan
  2. Penelitian
  3. Konsep
  4. Pengembangan
  5. Model CAD
  6. Prototype
  7. Tooling
1
time schedul (producttank)

Dari time schedule di atas dapat dilihat bagaimana proses penelitian hanya mendapatkan porsi waktu yang sedikit dari keseluruhan proses desain. Namun aktualnya proses penelitian akan berlangsung hampir sepanjang proses. Apa yang terjadi di awal akan sangat menentukan hasil akhir dari sebuah proses perancangan maka tahap penelitian merupakan tahapan penting yang akan menjaga alur proses perancangan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

2
time schedule 2 (producttank)

Aktualnya pada proses perancangan akan dilakukan penelitian di setiap tahapannya. Hal itu dilakukan karena akan banyak sekali hal tak terduga yang harus diselesaikan di setiap tahap. Itu membuat tahap penelitian di awal hanya akan menjadi arahan desain secara global yang tidak terfokus.

Mulailah dari mengidentifikasi masalah dengan sebaik-baiknya, lalu tentukan asumsi yang tepat, dan lakukan investigasi pada setiap teori yang mendukung proses penelitian. Catatlah setiap alternatif solusi permasalahan, mekanisme, improvisasi ide, investigasi material dan tak lupa metode manufaktur yang mungkin dilakukan.

Pahamilah target desain yang paling diprioritaskan. Jangan sampai membuang waktu terlalu banyak pada penelitian di luar target utama. Hasil peneltian harus bisa digunakan untuk membuat desain produk yang tepat guna.

Untuk melakukan penilitian yang efektif Kita bisa langsung menanyakan pokok permasalahan pada orang yang berhubungan langsung dengan masalah tersebut. Misalnya untuk membuat pisau pengupas bawang kita dapat langsung menanyakan kendala apa saja yang dirasakan oleh Ibu-ibu di dapur pada saat mengupas bawang, cobalah untuk melakukannya. Dari situ kita dapat mendeskripsikan permasalahan yang terjadi. Kita juga bisa mendapatkan berbagai informasi penyebab kesulitan-kesulitan itu terjadi. Lalu cocokan dengan teori-teori yang tersedia.

Yakinlah bahwa kita baru melihat setengah dari dunia, maka penuhi lagi setengahnya dengan menanyakan kenapa, dimana, siapa, apa dan seterusnya. Itulah sebuah penelitian. Dari situ kita bisa mendapatkan data yang cukup untuk melanjutkan proses desain yang terfokus dan efesien.

Tentu saja dalam proses penelitian seringkali kita merasa stuck karena tidak menemukan ide yang bisa menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi. Kita harus keluar dari pikiran yang terkurung. Mulailah berpikir gila dan out of the box. Namun tidak ada banyak waktu untuk melakukan pencarian ide-ide gila tersebut. Karena jauh lebih penting dari itu adalah sebuah eksekusi.

 

 


Pustaka: Producttank

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s