Standarisasi Lean Production

David M. Anderson dalam bukunya yang berjudul Design for Manufacturability: How to Use Concurrent Engineering to Rapidly Develop Low-Cost, High-Quality Products for Lean Production, memaparkan tentang kecenderungan sekolah teknik yang mengajarkan mahasiswanya untuk mendesain produk hanya untuk memenuhi fungsinya. Karena itulah, banyak perusahaan manufaktur yang mendesain produknya tidak disesuaikan dengan kemampuan produksi perusahaan. Dengan bukunya tersebut, Anderson ingin menunjukkan kepada para teknisi dan juga manajer di perusahaan, bagaimana mereka bisa membuat desain berkualitas dengan biaya yang rendah. Salah satu caranya adalah dengan penerapan Lean Production System yang sesuai standar, sehingga aktivitas tim desain bisa lebih cepat dan proses produksi menjadi lebih stabil.

Untuk mencapai semua tujuan ini, hal yang menyangkut biaya merupakan hal yang paling sering disalahartikan karena perusahaan berpikir bahwa desain yang berkualitas itu juga memerlukan biaya yang tinggi.

Mitos lain tentang biaya dalam industri manufaktur adalah anggapan bahwa biaya akan dengan mudah berkurang setelah desain selesai dikerjakan, tapi fakta menunjukkan lain. Anderson, dalam bukunya menunjukkan angka 80% biaya justru ditentukan oleh desain dan aktivitas tersebut akan mengurangi biaya yang nantinya malah berdampak pada penggunaan sumber daya secara berlebih.

Selain itu, Anderson juga mampu menunjukkan bagaimana struktur manajemen mampu meningkatkan upaya dari pengembangan produk baru, sehingga tim desain mampu mencapai dua hal, yaitu :

Memiliki sumber daya multifungsi yang sudah tersedia sejak awal untuk bekerja sama dengan tim insinyur secara bersamaan

Memiliki waktu yang cukup banyak untuk melakukan aktivitas desain secara keseluruhan untuk menghindari penundaan sehingga proses produksi akan lebih cepat

Kunci utama dalam melakukan pekerjaan desain secara menyeluruh adalah untuk mengoptimalkan arsitektur produk, sehingga penerapan Lean Production System dapat dengan cepat dan mudah membuat berbagai variasi produk.

Source: shiftindonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s